Jumat, 05 November 2010

Merapi Kembali Meletus Siang Ini ( Jumat 5 NOV 2010 )

Pemerintah menyiapkan dana Rp100 miliar untuk membeli sapi milik peternak korban letusan Gunung Merapi, supaya para peternak tidak memikirkan lagi ternak mereka selama mengungsi akibat letusan gunung itu.

Menteri Pertanian Suswono di Istana Negara, Jakarta, Jumat, mengatakan saat ini pemerintah pusat telah menyiapkan dana untuk membeli sapi milik para peternak korban letusan Gunung Merapi meski pemerintah daerah telah menyatakan akan mengganti sapi-sapi tersebut.

"Dana dari pemerintah pusat. Nantinya kita akan menganggarkan untuk membeli itu. Tapi kemarin kita sudah menghubungkan dengan perhimpunan atau asosiasi peternak kerbau dan sapi, mereka siap membeli juga. Jadi beberapa peluang ada. Pemerintah sendiri juga sudah menyiapkan dana untuk membeli sapi-sapi mereka," jelas Suswono.

Pemerintah, lanjut Menteri Pertanian, telah berkoordinasi dengan dinas peternakan setempat guna mendata kepemilikan sapi dari peternak-peternak korban letusan Gunung Merapi.

Suswono mengatakan pemerintah berinisiatif segera membeli sapi-sapi milik peternak korban letusan Gunung Merapi agar para peternak itu tidak lagi kembali ke rumah dan ladang mereka di lereng Merapi untuk menjenguk hewan ternak mereka.

"Kita selamatkan dululah supaya peternak-peternak itu tidak memikirkan lagi. Jadi ini mereka tinggal memegang uang," ujarnya.

Suswono mengatakan ia telah berdialog dengan para peternak di Kabupaten Sleman dan Klaten. Pada prinsipnya, menurut dia, para peternak tidak keberatan dengan rencana pemerintah untuk membeli sapi-sapi mereka.

Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan program-program dari Kementerian Pertanian guna membangun kembali kehidupan para peternak yang luluh lantak akibat bencana letusan Gunung Merapi, antara lain dengan program bantuan pembagian sapi.

Suswono pun berjanji untuk "memutihkan "menghapuskan, red) kredit para peternak sapi korban letusan Gunung Merapi yang masih memiliki utang kepada bank.

"Kita harap supaya "diputihkan" untuk mereka yang korban karena mereka masih mencicil, mengkredit, saya akan minta itu agar dibebaskan," demikian Suswono.TvOne.

0 komentar:

Posting Komentar

MERAPI MERAPIKAN DIRI © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute
This template is brought to you by : allblogtools.com Blogger Templates