Senin, 31 Januari 2011

Solidaritas Hati Para Pengungsi Gunung Merapi

KEPEDULIAN SOSIAL

Tidak ada seorang pun yang dapat memahami derita pengungsi, kecuali mereka yang pernah mengungsi. Perasaan inilah yang mendorong masyarakat yang dulu penjadi pengungsi korban erupsi Gunung Merapi di Dusun Kemiren, Desa Jumoyo, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang, menolong warga di berbagai dusun yang kini jadi korban banjir lahar dingin.
Empati mendalam inilah yang juga menggerakkan hati Marsiyem (29) dan empat ibu lain dari Dusun Kemiren memasak dan menyiapkan 500 nasi bungkus untuk warga Desa Sirahan, Kecamatan Salam.
Dusun Kemiren yang merupakan tempat tinggal Marsiyem hanya berjarak sekitar 17 kilometer dari Gunung Merapi. Saat erupsi Merapi, 700-an warga dusun ini mengungsi selama tiga minggu di dua lokasi di Kecamatan Salam.
Untuk memenuhi kebutuhan logistik para korban banjir lahar dingin di sejumlah tempat, setiap hari ibu-ibu di Dusun Kemiren bergantian memasak. Dengan ”kekuatan” empat hingga lima ibu setiap hari, mereka dapat memasak 250-1.000 bungkus nasi per hari.
Kegiatan ini dilakukan di posko yang didirikan warga Dusun Kemiren dan diberi nama Posko Siaga Lahar Dingin Merapi ”Tetap Semangat”.
Selain memasak, di posko inilah segala aktivitas yang terkait dengan antisipasi bencana lahar dingin dan kegiatan menolong korban bencana lahar dingin dirancang dan dilakukan.
Koordinator Posko Siaga Lahar Dingin Merapi Tetap Semangat Adi Triwahyu mengatakan, posko yang juga menggunakan rumahnya ini mulai berdiri dan aktif memberikan bantuan kepada korban lahar dingin sejak awal Januari lalu. Aktivitas ini diawali dengan menggalang dana bantuan untuk korban lahar dingin.
Kendati tanpa ada instruksi atau embel-embel ”iuran wajib”, sebanyak 116 kepala keluarga di Dusun Kemiren ikhlas menyumbang dana yang mereka miliki, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 50.000 per orang. Setelah lima kali dilakukan penggalangan dana, uang yang terkumpul mencapai sekitar Rp 4 juta. Uang sumbangan itu menjadi modal awal untuk membeli bahan-bahan kebutuhan memasak.
Setelah kegiatan berjalan dan dana mulai menipis, para relawan di posko mencari bantuan dari donatur. Mereka bahkan mencari uang dengan mengeruk pasir Merapi yang kini melimpah ruah di jalan raya Magelang-Yogyakarta. Satu kali pengerukan pasir bisa diperoleh Rp 400.000- Rp 500.000. Selain bantuan logistik, sekitar 50 relawan di posko tersebut juga menyediakan tenaga mereka untuk membantu mengevakuasi perabotan warga yang terendam pasir di Desa Sirahan.
Warga Kemiren, yang aktif membantu, bukanlah warga berkecukupan. Marsiyem misalnya. Rumahnya masih dalam kondisi rusak. Dapur dan kamar di bagian belakang rumahnya belum bisa ditempati karena atapnya roboh tertimpa pohon kelapa....
(EGI)

http://regional.kompas.com/read/2011/01/31/04021695/Solidaritas.Hati.Para.Pengungsi.Gunung.Merapi

0 komentar:

Posting Komentar

MERAPI MERAPIKAN DIRI © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute
This template is brought to you by : allblogtools.com Blogger Templates